MAHKAMAH AGUNG REPBULIK INDONESIA

Pengadilan Negeri Pemalang KELAS IB

Jalan Pemuda No.59 Pemalang - Jawa Tengah 52313 Telp. 0284-321061, Fax. 0284-321153, Email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

KATA SAMBUTAN || Ketua Pengadilan Negeri Pemalang


cahyonoAssalamu’alaikum Wr. Wb. salam sejahtera bagi kita semua…

Pertama-tama marilah kita ucapkan puji syukur kehadirat Allah Tuhan Yang Maha Esa yang mana telah memberikan rahmat dan hidayahnya berupa kesehatan, kekuatan lahir dan bathin kepada kita semua.

Bahwa Mahkamah Agung RI sebagai salah satu unsur utama kekuasaan Yudikatif di Negara Kesatuan Republik Indonesia telah melakukan berbagai langkah strategis untuk mewujudkan Peradilan Yang Agung. Hal tersebut tercermin dalam Road Map Reformasi Birokrasi Mahkamah Agung, yang merupakan upaya melakukan perubahan khususnya pada aspek pola pikir (mind set) dan budaya kerja (culture set) dengan melakukan perubahan dan pembaharuan bagi segenap aparatur Badan Peradilan dari Pusat sampai ke daerah (Khususnya Pengadilan Negeri).

          Dalam Road Map Reformasi BirokrasiI, Mahkamah Agung memandang bahwa Reformasi Birokrasi adalah bagian yang tidak dapat dipisahkan dari Reformasi Peradilan. Oleh karena itu Reformasi Birokrasi di Mahkamah Agung menempati prioritas terpenting dalam upaya mencapai visi Mahkamah Agung yaitu “Menjadi Badan Peradilan Yang Agung”.

          Pencanangan Zona Integritas yang dilakukan pada tanggal 28 Februari 2019, merupakan komitmen yang ditekatkan dalam mewujudkan pelaksanaan lembaga peradilan yang bersih dan bebas dari korupsi serta penyelenggaraan birokrasi yang bersih dan melayani dengan sepenuh hati.

Secara global apa yang dilaksanakan oleh jajaran Pengadilan Negeri Pemalang searah dengan Nawa Cita pemerintah pada point ke empat tentang reformasi system dan penegakan hukum yang bebas dari korupsi, bermartabat dan terpercaya.

Kiranya Zona Integritas yg kami canangkan merupakan bagian dari amanat Perpres nomor 81 tahun 2010 tentang grand design Reformasi Birokrasi 2010 – 2025 yang terdiri dari tiga target pencapaian sasaran hasil utama, yaitu :

  1. Peningkatan kapasitas dan akuntabilitas organisasi.
  2. Pemerintahan yang bersih dan bebas KKN.
  3. Peningkatan pelayanan publik.

Adapun pelaksanaan program Reformasi Birokrasi pada unit kerja diwujudkan dalam upaya Pembangunan Zona Integritas.

Zona Integritas (ZI) sendiri merupakan predikat yang diberikan kepada Instansi Pemerintah, yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen mewujudkan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) melalui Reformasi Birokrasi khususnya dalam hal pencegahan Korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik. Secara khusus Pengadilan Negeri Pemalang sudah secara terus menerus mengupayakan melalui Akreditasi Pemjaminan Mutu (APM) oleh Dirjen Badan Peradilan Umum MARI dengan mendapatkan nilai predikat “A Excellent”. Dalam rangka mempertahankan Akreditasi tersebut, Pengadilan Negeri Pemalang telah melakukan beberapa inovasi dalam beberapa bidang kerja operasional untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

          Pengadilan Negeri Pemalang secara khusus dalam peningkatan transparansi dan peningkatan pelayanan kepada masyarakat telah melakukan beberapa inovasi baik program maupun aplikasi yang dapat diakses oleh masyarakat secara luas, antara lain :

  1. Website Pengadilan Negeri Pemalang.
  2. Direktori Putusan Mahkamah Agung R.I.
  3. Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara.
  4. Electronic Court (E- Court).
  5. Pelayanan Permohonan One Day Service pada Pengadilan Negeri Pemalang.
  6. Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) pada Pengadilan Negeri Pemalang.

          Bahwa Pengadilan Negeri Pemalang mempunyai motto “MANTAP” yang mempunyai arti : Melayani, Akuntable, Netral, Transparan, Adil dan Profesional, yang dapat menjadi pedoman dan penyemangat bagi seluruh aparatur Pengadilan Negeri Pemalang agar selalu melayani dengan iklas, berdedikasi tinggi, memperlakukan sama bagi setiap pengguna dan pencari keadilan serta bekerja dengan penuh rasa tanggung jawab. Ini semua semata-mata untuk memberikan pelayanan PRIMA kepada masyarakat, walau dengan keterbatasan sarana dan prasarana pendukung dan jumlah personil yang sangat terbatas.

          Harapan kami dengan Pembangunan Zona Integritas bukanlah menjadi slogan semata,  melainkan bukti nyata keseriusan dan komitmen dari segenap Aparatur Pengadilan Negeri Pemalang guna mewujudkan tercapainya tata kelola pemerintahan yang baik (good governance) dalam rangka mewujudkan visi Mahkamah Agung Republik Indonesia untuk menjadi “Badan Peradilan Yang Agung”.

Wabilahitaufiq wal hidayah wassalamu’alaikum warahmatulahi wabarakatuh

KETUA PENGADILAN NEGERI PEMALANG,

 ttd

CAHYONO RIZA ADRIANTO, S.H,.M.H.

Copyright ©2015 | Pengadilan Negeri Pemalang | Templates by Mahkamah Agung